Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dan meningkatkan hasil belajar PKn materi ancaman terhadap negara dalam bingkai bhineka tunggal ika pada siswa kelas XI di SMK Ekasakti Jakarta dengan menggunakan metode pembelajaran Problem Based Learning atau pembelajaran berbasis masalah. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan desain model penelitian menggunakan menelitian model Kurt Lewin dengan proses planning, acting, observating and reflecting yang selanjutnya penelitian tindakan kelas ini dilakukan terdiri dari pra siklus, siklus I dan siklus II. Bedasarkan teknik pengambilan data melalui lembar observasi proses belajar siswa, proses mengajar guru, lembar refleksi dan soal problem based learning penelitian ini menghasilkan data Nilai rata-rata kelas pada pra siklus sebesar 64,00 meningkat pada siklus I menjadi 69,00, dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 76,00. Sedangkan siswa yang mencapai ketuntasan belajar siswa pada pra siklus sebesar 40 % meningkat pada siklus I menjadi 55 % dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 90 %. Berdasarkan data diatas maka dapat disimpulkan bahwa metode pembelajran problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar PKn materi ancaman terhadap negara dalam bingkai bhineka tunggal ika pada siswa kelas XI di SMK Ekasakti Jakarta
Copyrights © 2023