JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 3 (2023): Desember 2023

Pengaruh Penggunaan Video Animasi Terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Di Kelompok A Taman Kanak-Kanak Tunas Melati Talawi Kota Sawahlunto

Muthia Azhar, Puja (Unknown)
Muryanti, Elise (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Nov 2023

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi penggunaan media dalam mengenalkan huruf di Kelompok A TK Tunas Melati Talawi Kota Sawahlunto masih kurang media pembelajaran dan hanya menggunakan media konvensional yaitu media berupa gambar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengruh penggunaan video animasi terhadap kemampuan mengenal huruf pada anak di TK Tunas Melati Talawi Kota Sawahlunto. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang berbentuk Quasi Eksperiment. Populasi penelitian ini adalah seluruh anak TK Tunas Melati, dan subjek penelitianya yaitu kelas A2 dan kelas A3 masing-masingnya berjumlah 10 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, berupa pernyataan sebanyak 5 butir pernyataan dan teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis, alat pengumpul data digunakan lembaran pernyataan. Kemudian data diolah dengan uji perbedaan (t-test) menggunakan bantuan aplikasi SPSS 16.0 for windows. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa penggunaan video animasi memiliki pengaruh signifikan dibandingkan dengan kelas kontrol yang menggunakan media flashcard terhadap kemampuan mengenal huruf anak di kelompok A TK Tunas Melati Talawi Kota Sawahlunto. Dengan jumlah skor post-test 187, rata-rata 18,7 dan nilai sig (2-tailed) adalah sebesar0,004<0,05. Dengan demikian disimpulkan bahwa mengenalkan huruf menggunakan video animasi berpengaruh terhadap kemampuan mengenal huruf pada anak di Kelompok A Taman Kanak-Kanak Tunas Melati Talawi Kota Sawahlunto.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...