JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 3 (2023): Desember 2023

Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Peserta Didik Kelas XII di SMA Negeri 1 Kabaruan

Mundaeng, Camel Gantonio (Unknown)
Mege, Revolson A. (Unknown)
Mokosuli, Yermia S. (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Nov 2023

Abstract

Model Pembelajaran Project Based Learning ialah Model Pembelajaran yang berpusat pada kegiatan pembuatan proyek yang dilakukan oleh peserta didik. Model Pembelajaran ini dapat membantu Peserta didik untuk lebih memahami materi yang diajarkan di kelas dengan melakukan kegiatan praktik secara langsung di kehidupan nyata. Penelitian yang dilakukan peneliti ini bertujuan agar peserta didik mampu mencapai ketuntasan dalam mata pelajaran biologi khususnya pokok bahasan pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup dengan menerapkan model pembelajaran PjBL. Penelitian in berjenis penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Kabaruan. Subjek penelitian yang digunakan yaitu Peserta didik kelas XII IPA yang berjumlah 22 orang. Hasil penelitian menunjukkan presentasi ketuntasan belajar pada siklus I sebesar 5% dengan rata – rata 41 dan pada siklus II menjadi 82% dengan rata – rata 78,9. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa materi pembelajaran pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dan mencapai ketuntasan di kelas XII SMA Negeri 1 Kabaruan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...