Penelitian ini didasari oleh rendahnnya kemampuan membaca anak pada pemahaman kosa kata dan sulitnya anak dalam belajar membaca, yang disebabkan oleh kurangnya media pembelajaran yang menarik serta tidak adanya metode khusus yang digunakan dalam mengajarkan membaca. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Metode Cantol Roudhoh Terhadap Kemampuan Membaca Anak Usia 5-6 Tahun Di Kabupaten Pangkep. Pendekatan Penenlitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperiment Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelompok B di TK Kemala Bhyangkari 20 Cabang Pangkep. Pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah 20 anak dengan 10 anak sebagai kelompok eksperimen dan 10 anak sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik non parametrik. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Metode Cantol Roudhoh memberikan pengaruh yang signifikan terhadap Kemampuan Membaca Anak Usia 5-6 Tahun Di Kabupaten Pangkep.
Copyrights © 2023