JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 3 (2023): Desember 2023

Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Anti Bullying dalam Sirah Nabawiyah untuk Membentuk Karakter Siswa di Madrasah Aliyah Tahfizhul Qur’an Isy Karima Karangpandan Kabupaten Karanganyar

Bakri, Syamsul (Unknown)
Alhakiim, Andy Aziz (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Nov 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan nilai-nilai pendidikan anti bullying yang terinspirasi dari Sirah Nabawiyah dalam membentuk karakter siswa di Madrasah Aliyah Tahfizhul Qur’an Isy Karima, Karangpandan, Kabupaten Karanganyar. Sirah Nabawiyah, sebagai sumber inspirasi utama, menawarkan model pendidikan yang mencakup nilai-nilai moral, etika, dan kepemimpinan yang dapat membantu mengatasi permasalahan bullying di lingkungan pendidikan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen, kemudian dianalisis menggunakan teknik content analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi nilai-nilai pendidikan anti bullying berbasis Sirah Nabawiyah mampu membentuk karakter siswa dengan meningkatkan kesadaran moral, empati, dan kepedulian terhadap sesama. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif bagi pengembangan pendidikan karakter di Madrasah Aliyah dan institusi pendidikan lainnya.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...