Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis manajemen hubungan pelanggan, citra perusahaan dan tarif pelayanan jasa terhadap loyalitas pelanggan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitaif dengan pendekatan survey. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu seluruh pelanggan shipping line PT Pelindo Jasa Maritim sebanyak 60 pelanggan. Teknik penentuan sampel menggunakan sampel jenuh, maka jumlah sampel penelitian ini yaitu sebanyak 60 responden. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif, sedangkan sumber data menggunakan data primer. Metode analisis yang digunakan adalah Analisis Regresi Linier Berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial Manajemen Hubungan Pelanggan berpengaruh positif namun tidak signifikan Terhadap Loyalitas Pelanggan, sedangkan Citra Perusahaan dan Tarif Pelayanan Jasa berpengaruh positif dan signifikan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada PT Pelindo Jasa Maritim. Kemudian, secara simultan terbukti bahwa Manajemen Hubungan Pelanggan, Citra Perusahaan dan Tarif Pelayanan Jasa berpengaruh positif dan signifikan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada PT Pelindo Jasa Maritim. Penelitian ini menghasilkan nilai koefisien determinasi R2 atau R Square sebesar 0,355. Hasil ini berarti bahwa variabel Manajemen Hubungan Pelanggan, Citra Perusahaan dan Tarif Pelayanan Jasa memiliki hubungan dengan Loyalitas Pelanggan Pada PT Pelindo Jasa Maritim sebesar 35,5%, dan sisanya 64,5% dijelaskan oleh sebab-sebab yang lain diluar model.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023