Studi ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh metode pembelajaran Calistung terhadap kemampuan membaca awal anak usia prasekolah di Taman Kanak-Kanak Desa Setiris. Metode pembelajaran Calistung merupakan pendekatan yang menggabungkan aspek kalkulasi (berhitung) dan berbicara (lisan) dalam proses pembelajaran membaca. Penelitia melakukan poengambilan data di Taman kanak-kanak Desa Setiris, terdapat 21 responden sebagai sampel perngambilan data wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode pembelajaran Calistung memiliki dampak positif signifikan terhadap kemampuan membaca awal anak usia prasekolah. Anak-anak yang mengikuti pembelajaran dengan metode ini menunjukkan peningkatan yang lebih besar dalam kemampuan membaca awal dibandingkan dengan anak-anak yang mengikuti metode pembelajaran konvensional. Implikasi praktis dari penelitian ini adalah bahwa penggunaan metode ini dapat direkomendasikan kepada para guru dan orang tua sebagai salah satu strategi untuk memfasilitasi perkembangan literasi anak-anak di usia prasekolah.
Copyrights © 2023