JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 3 (2023): Desember 2023

Pengaruh Bauran Promosi Media Sosial terhadap Peningkatan Volume Penjualan Toko Kelontong di Kelurahan Pejeruk Kecamatan Ampenan Kota Mataram

Farisi, Prafanasta Firdaus Al (Unknown)
Rispawati, Dewi (Unknown)
Nasruddin, Nasruddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Nov 2023

Abstract

Penelitian ini berjudul Pengaruh Bauran Promosi Media Sosial Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Toko Kelontong Di Kelurahan Pejeruk Kecamatan Ampenan Kota Mataram. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh bauran promosi media sosial terhadap peningkatan volume penjualan toko kelontong di kelurahan Pejeruk kecamatan Ampenan kota Mataram. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi lapangan, wawancara, dokumentasi dan kuesioner. Analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji asumsi klasik dan analisis regresi linear berganda dengan bantuan program SPSS 22 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Bauran Promosi yang terdiri dari (X1) Sales Promotion, (X2) Periklanan, (X3) Personal Selling dan (X4) Publicity berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan Volume Penjualan toko kelontong di Kelurahan Pejeruk. Secara parsial dan simultan berpengaruh signifikan terhadap variabel Volume Penjualan (Y). Hal ini ditunjukkan dari hasil Uji T yang mana diketahui bahwa nilai sig 0.000 < 0.05 dan dilihat dari nilai T hitung sebesar 4.695 > T tabel sebesar 1.690 yang berarti bahwa variabel Bauran Promosi berpengaruh signifikan terhadap volume penjualan secara parsial. Hasil dari Uji F yaitu nilai sig sebesar 0.000 < 0.05 dan dilihat dari nilai F hitung sebesar 22.042 > F tabel sebesar 2.641 yang berarti bahwa variabel Bauran Promosi berpengaruh secara bersama-sama (simultan) terhadap Volume Penjualan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...