Penelitian ini membahas jenis-jenis strategi dalam pengajaran teks prosedur pada pemahaman membaca yang digunakan oleh guru, bagaimana guru menerapkan jenis-jenis strategi dalam pengajaran teks prosedur pada pemahaman membaca siswa kelas delapan di SMP Perguruan Sumatera Tanjung Morawa. Penelitian ini menggunakan metode desain deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan instrumen sebagai berikut: observasi dan wawancara. Temuan penelitian ini mengungkapkan bahwa ada dua jenis strategi dalam pengajaran teks prosedur tentang pemahaman membaca yang digunakan oleh guru bahasa Inggris: QARS (Quest Answer Relationship) dan SQ3R (Survei, Menanyakan Membaca, Membaca, Meninjau). Kemudian dalam penerapan strategi pengajaran membaca pemahaman dalam teks prosedur, pada pertemuan pertama guru menggunakan Question-Answer Relationship (QARS) guru memberikan pertanyaan kepada siswa dan membimbing siswa menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan teks prosedur, kemudian pada pertemuan kedua guru menerapkan SQ3R pada proses pembelajaran membaca pemahaman. Guru meminta siswa membuat kelompok belajar, meminta setiap kelompok membuat pertanyaan, menjawab pertanyaan dengan membaca kembali teks yang berkaitan dengan teks prosedur untuk menemukan jawabannya dan diakhiri dengan menyajikan hasil jawaban yang telah ditemukan. Strategi-strategi tersebut dikatakan efektif diterapkan dalam pengajaran pemahaman membaca, siswa menjadi lebih aktif dan lebih fokus dalam memahami isi teks dan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan teks prosedur.
Copyrights © 2023