JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 2 (2023): Agustus 2023

Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru

Palembangan, Cira Nessy (Unknown)
Sihotang, Hotmaulina (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Dec 2023

Abstract

Kapasitas kepala sekolah dalam kepemimpinan transformasional sangat penting untuk memotivasi dan meningkatkan kinerja guru di kelas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki secara mendalam bagaimana kepemimpinan transformatif administrator sekolah dapat meningkatkan kinerja guru. Penelitian ini menggunakan metodologi tinjauan literatur atau penelitian kepustakaan, dengan melihat berbagai sumber, antara lain buku, makalah, jurnal, dan dokumen lain yang berkaitan dengan topik pembahasan. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa kepemimpinan transformasional, yang melibatkan pemberdayaan pendidik, mendorong mereka untuk mencapai tingkatan baru, dan memberikan visi yang jelas, secara signifikan meningkatkan motivasi dan komitmen instruktur. Dengan menerapkan gaya kepemimpinan ini, kepala sekolah dapat menumbuhkan tempat kerja yang inspiratif dimana para pendidik merasa dihargai dan termotivasi.Temuan ini memberikan kontribusi pada pemahaman kita tentang bagaimana kepemimpinan transformasional dapat menjadi katalisator untuk peningkatan kinerja guru. Implikasi praktis dari penelitian ini dapat digunakan oleh para pemimpin pendidikan dan pengambil kebijakan untuk mengembangkan strategi kepemimpinan yang mendukung pertumbuhan profesional dan kesejahteraan guru yang pada gilirannya akan memberi dampak positif pada mutu pendidikan secara keseluruhan. Selain itu penelitian ini juga memberi dasar bagi penelitian lebih lanjut dalam menggali aspek-aspek spesifik dari kepemimpinan transformasional yang dapat lebih memperdalam pemahaman kita tentang dinamika hubungan antara kepala sekolah dan guru dalam konteks pendidikan yang terus berubah.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...