Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan anak berbahasa secara umum masih belum berkembang secara optimal. Salah satu faktornya yaitu masalah keterbatasan Perkembangan anak untuk berkomunikasi dengan orang lain serta penggunaan kosa kata anak yang masih belum banyak dan penggunaan bahasa indonesia yang masih kaku dan terkadang mereka masih ada yang menggunakan bahasa daerah merek. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan perkembangan anak usia dini di kelas B TK Indonesia Islamic School dengan penerapan metode bercerita melalui penelitian PTK ( Penelitian Tindakan Kelas). Penelitian ini dilakukan dua siklus dan tiap siklus dilakukan dua kali pertemuan. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/ persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas B1 dengan jumlah siswa 12 yaitu 3 perempuan dan 9 laki-laki pada semester I tahun ajaran 2021/2022 di TK TK Indonesia Islamic School kabupaten Kampar dan guru. Sedangkan yang menjadi objek penelitian ini adalah penggunaan metode bercerita untuk meningkatkan perkembangan bahasa anak. Data penelitian ini dikumpulkan melalui teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah data terkumpul melalui observasi, data tersebut diolah menggunakan rumus persentase. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat diketahui bahwa adanya peningkatan kemampuan bahasa menggunakan metode bercerita sebelum dilakukan tindakan ke siklus I dan ke siklus II. Persentase perkembangan motorik kasar anak meningkat hal ini terlihat dari data awal hingga siklus II pertemuan 2. Data awal (35%) dengan kriteria mulai berkembang, siklus I pertemuan 1 (47 %) dengan kriteria mulai berkembang, siklus I pertemuan 2 (62%) dengan kriteria berkembang sesuai harapan, siklus II pertemuan 1 (67,5%) dengan kriteria berkembang sesuai harapan, siklus II pertemuan 2 (85,41%) dengan kriteria berkembang sangat baik. Sehingga peningkatan keseluruhan Perkembangan bahasa anak diperoleh persentase rata-rata 50,41%. Hal ini membuktikan bahwa penerapan metode bercerita dapat meningkatkan perkembangan bahasa anak di TK Indonesia Islamic School.
Copyrights © 2023