JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 3 (2023): Desember 2023

Penerapan Sistem Pemerintahan Islam untuk Mewujudkan Keadilan dan Kesejahteraan Umat

Fikriana, Askana (Unknown)
Safitri, Selma (Unknown)
Sofyaa, Lilis (Unknown)
Sylviani, Shinta (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Dec 2023

Abstract

Pemerintahan dalam Islam merupakan salah satu topik yang menarik buat dibahas mengingat hari ini banyak negara yang menggunakan segala kelebihan serta kekurangannya mencari model pemerintahan yang ideal dan bisa menggunakan mudah buat di terapkan. Pemerintahan dalam bersandar pada prinsip-prinsip dari Al-Qur'an serta Sunnah. Penelitian ini menggunakan adalah Literature Riview. Yaitu metode penelitian yang mencakup pengumpulan, membaca, mencatat, dan pengolahan sumber pustaka seperti jurnal yang terkait dengan topik penelitian. pencarian literatur baik internasional maupun nasional. penerapan sistem pemerintahan Islam tampak berbagai tema-tema diskursus keislaman, seperti penegakan syari’at Islam relasi agama serta Negara, Islam politik serta lain sebagainya. Secara internal, kias balik terhadap wacana penerapan sistem pemerintahan Islam, senantiasa mengalami pergumulan secara dialektis antara muslim nasionalis dan muslim sekuler. Penerapan sistem pemerintahan Islam dapat mewujudkan keadilan dan kesejahteraan umat. Konsep pemerintahan Islam mencakup kepemimpinan yang adil, keadilan sosial, dan kesejahteraan umat. Penerapan pemerintahan Islam dapat dilakukan dengan mengadopsi prinsip-prinsip Islam dalam sistem pemerintahan. Penerapan pemerintahan Islam memiliki beberapa keuntungan, seperti mewujudkan keadilan sosial dan meningkatkan kesejahteraan umat. Tidak hanya terbatas pada negara-negara yang mayoritas penduduknya beragama Islam. System pemerintahan islam dapat diterapkan dinegara-negara dengan berbagai latar belakang agama dan budaya.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...