JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 3 (2023): Desember 2023

Media Pembelajaran Bahasa Inggris Interaktif Menggunakan Articulate Storyline 3

Anggari, Fudya Rizky (Unknown)
Zakir, Supratman (Unknown)
Supriadi, Supriadi (Unknown)
Efriyanti, Liza (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Dec 2023

Abstract

Latar belakang permasalahan yang muncul pada saat proses pembelajaran bahasa Inggris di UPTD SPF SMP N 2 Singkil karena pada saat proses pembelajaran guru masih mengandalkan buku dan papan tuis. Oleh karena itu, perlu adanya perancangan materi pembelajaran interaktif menggunakan Articulate Storyline 3 pada mata pelajaran bahasa Inggris sebagai solusi untuk membangkitkan minat siswa dalam mempelajari mata pelajaran bahasa Inggris. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode penelitian dan pengembangan(R&D) yang digunakan.dan modelyang digunakan adalah Multimedia Development Life Cycleversi Luther Sutopo) yang dimana terdiri dari atas 6 tahapan yaitu concept (pengonsepan), design (pendesainan), material collecting (pengumpulan materi), assembly (pembuatan), testing (pengujian) dan distribution (pendistribusian). Hasil dari penelitian yang dilakukan yaitu uji keefektifan dari 17 siswa memiliki nilai rata-rata 0,90 dengan kriteria keefektifan tinggi, hasil kepraktisan dari 3 penguji memiliki nilai rata-rata 0,86 dengan kriteria sangat tinggi, dan hasil uji validitas dari 4 validator memiliki nilai rata-rata 0,85 dengan kriteria valid.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...