Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil pembelajaran tematik terpadu dengan menggunakan model discovery learning. Penelitian dilaksanakan pada semester I tahun ajaran 2022/2023 di kelas IV SDN 75/III Koto Rendah pada bulan Oktober 2022. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri atas empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari tiga kali pertemuan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN 75/III Koto Rendah dengan jumlah 28 orang siswa. Teknik pegunpulan data terdiri dari observasi, soal tes dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu di kelas IV. Peningkatan ini dapat dilihat dari: Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) siklus I adalah 65% dan siklus II adalah 75% pelaksaan pembelajaran pada aspek guru pada siklus I adalah 65,2% dan siklus II adalah 77,7%. Hasil belajar siswa pada siklus I adalah 71,2% dengan siklus II 79,8%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model discovey learning di kelas IV SDN 75/III Koto Rendah dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Tematik Terpadu.
Copyrights © 2023