Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dampak dari strategi membaca mitra untuk kemampuan membaca siswa dalam memahami bacaan pada teks recount. Strategi membaca mitra dapat membantu meningkatkan pemahaman membaca siswa Kelas VIII di SMP Negeri 9 Pematangsiantar karena siswa mempunyai motivasi membaca yang rendah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Subyek penelitian ini Kelas VIII-8 yang merupakan kelas eksperimen berjumlah 28 orang dan Kelas VIII-7 yang merupakan kelas kontrol berjumlah 28 orang. Penelitian ini mengumpulkan data dengan tes objektif 20 soal untuk pre-test dan post-test. Peneliti menggunakan SPSS versi 24 dan melakukan analisis deskriptif, uji normalitas, uji Wilcoxon, uji homogenitas, dan uji Mann Whitney. Hasilnya rata-rata nilai post-test kelas eksperimen sebesar 76,07, dan rata-rata nilai post-test kelas kontrol sebesar 57,32. Nilai assymp ditemukan dari hasil analisis data menggunakan uji Mann-Whitney. Sig (2-tailed) uji Mann-Whitney adalah 0,000 < 0,05. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti mendapatkan hasil hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (H0) ditolak.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023