Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) hasil belajar siswa dalam penerapan media pembelajaran prototipe bound buttonhole pada kompetensi dasar membuat jas. 2) respon siswa dalam penerapan media pembelajaran prototipe bound buttonhole pada kompetensi dasar membuat jas. Penelitian ini termasuk penelitian desktiptif kuantitatif dengan metode penelitian Pre Experimental Design. Desain penelitian yang digunakan adalah One-shot case study. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII Tata Busana di SMK Negeri 1 Buduran. Metode pengumpulan data menggunakan tes psikomotor dan angket respon siswa. Hasil penelitian penerapan media pembelajaran prototipe ini memperoleh nilai hasil belajar siswa untuk penilaian psikomotor dari praktik membuat bound buttonhole pada kompetensi dasar membuat jas diperoleh ketuntasan sebesar 91.4% dengan kategori “Sangat Baik”. Hasil angket respon siswa terhadap penerapan media pembelajaran prototipe memperoleh persentase 96.54% termasuk dalam kategori “Sangat Baik”. Media pembelajaran prototipe dapat digunakan sebagai media dalam proses pembelajaran dalam praktik tata busana selain media prototipe dibuat perlangkah, media prototipe juga dapat dilihat dan disentuh secara langsung.
Copyrights © 2023