JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 3 (2023): Desember 2023

Analisis Pengelolaan Dana BOS terhadap Kualitas Sarana dan Prasarana Sekolah Dasar

Luthfia, Raisa Ayu (Unknown)
Amelia, Diaz Putri (Unknown)
Oktafianti, Monica (Unknown)
Galand, Patricia Bunga Juwita (Unknown)
Annisa, Renata Nur (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Dec 2023

Abstract

Petunjuk teknis Direktorat Sekolah Dasar tahun 2022 menetapkan Dana Bantuan Operasional Satuan Pendidikan (Dana BOS) sebagai alokasi non-fisik untuk biaya operasional Sekolah Dasar (SD). Pada 2021, sekolah mendapatkan kewenangan penuh untuk menggunakan Dana BOS tanpa batasan, mendukung pembelian sarana dan kesejahteraan guru. Pengelolaan yang baik berdampak positif pada kualitas sarana. Tantangan termasuk potensi penyalahgunaan dana, memerlukan manajemen dan analisis berkala untuk memastikan tujuan peningkatan kualitas sarana dan prasarana SD tercapai. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Pendekatan ini digunakan untuk mendeskripsikan fenomena yang terjadi di lapangan secara mendalam dan menyeluruh. Penelitian ini dilakukan di SDIT Rocha Kabupaten Bandung. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah dengan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu observasi dan wawancara. Proses pelaksanaan Program Bantuan Operasional Sekolah (BOS) di SDIT ROCHA Kabupaten Bandung masih dalam tahap pengumpulan persyaratan karena sekolah baru. Kepala sekolah mengelola program ini sesuai petunjuk teknis pengelolaan Dana BOS, sementara dana Yayasan digunakan untuk keperluan harian. Faktor pendukung melibatkan dukungan dari Yayasan, pemerintah, dan rekan kerja, dengan peran penting kebijakan pemerintah dan sosialisasi dari dinas pendidikan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...