JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 3 (2023): Desember 2023

Analysis of the Needs for Using E-Modules to Overcome the Limitations of Physics Teaching Materials on Alternating Electric Current Materials

Febriya, Dhea (Unknown)
Hikmah, Nur (Unknown)
Fauzi, Ahmad (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyajikan hasil analisis kebutuhan bahan ajar siswa kelas XII berupa modul elektronik untuk mengatasi keterbatasan bahan ajar fisika pada materi arus listrik bolak-balik. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XII yang berjumlah 282 orang di 6 SMA yang terletak di 4 provinsi yaitu Sumatera Barat, Jambi, Riau dan Bengkulu. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan instrumen penelitian yang digunakan berupa angket yang diberikan kepada guru fisika dan siswa. Data penelitian dianalisis menggunakan Analysis Interactive dari Miles & Huberman. Hasil analisis data menunjukkan masih kurangnya pemanfaatan modul elektronik sebagai bahan ajar fisika, hal ini menyebabkan perlunya pengembangan dan pemanfaatan modul elektronik. Sehingga dapat membantu guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran dan siswa mampu belajar mandiri dalam memahami konsep materi dengan baik.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...