Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar materi IPS dengan menggunakan metode kolaboratif Make a Macth pada peserta didik kelas V SD Negeri Peleman 1. Berdasarkan hasil kegiatan pra siklus, dari 21 peserta didik hanya 8 peserta didik yang tuntas dengan prosentase ketuntasan 42,8% dan nilai rata-rata 68,95. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Peleman 1 dengan subjek penelitian peserta didik kelas V dengan jumlah 21 anak yang terdiri dari 8 peserta didik laki-laki dan 13 peserta didik Perempuan. Jenis penelitian yang peneliti gunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas model spiral Kemmis Dan Mc.Taggart yang didalamnya terdapat 4 (empat) tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan(observasi), dan refleksi. Teknik pengambilan data dilakukan melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan model kolaboratif Make a Match dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa. Pada hasil observasi aktivitas guru pada siklus I yaitu 80,16, dan meningkat menjadi 86,33 pada siklus II. Sedangkan hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I yaitu 49,51, dan meningkat menjadi 74,28 pada siklus II. 2) Peningkatan hasil belajar materi IPS dapat dilihat dari nilai rata-rata dan prosentase ketuntasan belajar peserta didik dengan rata-rata 76,28 pada siklus I dan meningkat menjadi 82 pada siklus II, dengan prosentase ketuntasan belajar 66,66% pada siklus I meningkat menjadi 85,72% pada siklus II.
Copyrights © 2023