Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa melalui game Quizizz pada pembelajaran matematika materi statistika. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan selama satu bulan dalam 2 siklus. Subjek penelitian adalah 31 siswa kelas VIII-B SMPN 7 Pasuruan. Peneliti menyiapkan rencana pelaksanaan pembelajaran, bahan ajar, lembar observasi, lembar angket siswa, dan media pembelajaran interaktif. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil observasi pada proses pembelajaran dibahas sebagai data kualitatif sedangkan hasil tes siswa dibahas sebagai data kuantitatif. Pada penelitian ini diperoleh hasil bahwa motivasi siswa dalam belajar matematika mengalami peningkatan. Peneliti menemukan bahwa pembelajaran dengan memanfaatkan media pembelajaran interaktif berbasis media game Quizizz pada siswa kelas VIII-B SMPN 7 Pasuruan mampu meningkatkan hasil belajar dan motivasi belajar matematika pada materi statistika.
Copyrights © 2023