Metode Problem Based Learning (PBL) disebut sebagai inovasi pada aktivitas belajar mengajar. Dikarenakan saat dilaksanakannya Problem Based Learning pengoptimalan kemampuan siswa dalam berpikir sangat diperhatikan, yaitu dengan melibatkan siswa dalam kerja kelompok untuk melatih kemampuan berpikirnya secara berkesinambungan. Peneliti memiliki tujuan yakni mencari tahu pengaruh metode PBL pada hasil belajar peserta didik terkait topik sistem gerak di SMA Negeri 2 Tondano. Populasi yang diteliti ialah semua peserta kelas XI IPA pada SMA Negeri 2 Tondano dan sampelnya diambil secara acak yakni kelas XI IPA 1 dijadikan kelas eksperimen serta untuk kontrolnya ialah XI IPA 2. Teknik dalam mengumpulkan data hasil pembelajarannya berbentuk soal uraian serta pilihan ganda, dalam menganalisis datanya dimulai melalui uji homogenitas serta normalitas yang setelah itu diuji hipotesisnya. Hasil penelitiannya memperlihatkan rata-rata nilai hasil belajar kelas eksperimen 44,1052632 di samping itu untuk kelas kontrol yakni 44,3125 serta hasil penelitiannya peneliti lakukan analisis melalui Uji T yang bertaraf signifikan 0,05 serta hasil yang diperoleh Thitung = 5.8556 ? Ttabel 1.69236, dengan demikian terjadi penolakan H0 serta penerimaan H1. Dengan berlandaskan pada hasil ini dengan demikian kesimpulannya metode pembelajaran problem based learning (PBL) mampu mempengaruhi secara positif pada hasil belajar biologi terhadap siswa.
Copyrights © 2023