Kemampuan pemecahan masalah matematis merupakan salah satu kemampuan yang perlu dimiliki oleh siswa pada semua jenjang pendidikan sekolah. Salah satu upaya dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa adalah dengan melakukan penguatan dalam proses pembelajaran. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk menganalisis hambatan guru dalam penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada pembelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hambatan yang dialami guru pada tahap perencanaan adalah sulitnya menentukan masalah yang tepat sehingga mampu menstimulus suasana diskusi yang baik dan mampu menstimulus perkembangan intelektual siswa. Hambatan waktu yang lama dalam perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran disebabkan karena guru belum terbiasa dengan pembelajaran Problem Based Learning. Secara khusus pada pelaksanaan, hambatan yang dialami guru dalam implementasi Problem Based Learning ketika guru tidak mudah dalam memposisikan diri sebagai fasilitator, membimbing, menggali pemahaman yang lebih dalam, mendukung inisiatif siswa
Copyrights © 2023