JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 3 (2023): Desember 2023

Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Matematika dengan Menggunakan Metode Diskusi di Kelas V SDN 107405 Medan

Harahap, Hasima (Unknown)
Rizki Wandani, Rora (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode diskusi pada pelajaran matematika di kelas V. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 107405 MEDAN yang berjumlah 27 orang siswa. Dalam penelitian ini guru masih cenderung dengan menggunakan metode ceramah dalam proses pembalajaran. Hal tersebut sangat berdampak buruk pada hasil belajar siswa. Maka dari itu guru harus menerapkan metode diskusi agar siswa dapat menilai hasil pemikiran para siswa. Diketahui bahwa nilai rata-rata matematika pada siswa kelas V belum mencapai kentuntasa yang sesuai dengan ketenntuan pada kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 65 deengan targer ketuntasan 80%. Berdasarkan nilai prasiklus pada mata pelajaran matematika di kelas V diperoleh data, yaitu sebesar 48,15% atau 13 siswa yang mencapai KKM 65 sedangkan 51,85% atau 14 siswa belum tentus. Selain metode pembelajaran yang digunakan, alasan lain peneliti melakukan penelitian ini adalah (1) siswa lebih suka menghafal daripada memahami proses dari suatu materi, (2) minat belajar siswa terhadap mata pelajaran Matematika masih tergolong sangat rendah. Hal tersebutdapat dilihat pada sikap siswa selama mengikuti proses pembelajaran tidak fokus dan ramai sendiri

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...