JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 3 (2023): Desember 2023

Implementasi Pendekatan Kontekstual dalam Pembelajaran Jenis Pekerjaan Penduduk Indonesia di Kelas IV Sekolah Dasar

Meilani, Ersha (Unknown)
Triananda, Shalika Fajrin (Unknown)
Rustini, Tin (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendekatan kontekstual dalam pembelajaran IPS materi jenis-jenis pekerjaan pada siswa kelas IV Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan dalam artikel ini merupakan kajian studi literatur dengan memberikan informasi yang komprehensif tentang pendekatan kontekstual dan bagaimana penerapannya dalam pembelajaran jenis pekerjaan di kelas IV sekolah dasar. Data yang dikumpulkan bersumber dari mencari dan membaca artikel, buku, jurnal, dan sumber informasi lainnya yang relevan dengan topik penelitian. Hasil kajian menunjukkan bahwa pendekatan kontekstual sangat cocok dengan pembelajaran IPS terutama materi jenis-jenis pekerjaan karena dapat membantu guru dalam proses pembelajaran yang dimana pendekatan ini memungkinkan guru untuk mengaitkan materi pembelajaran dengan situasi nyata dalam kehidupan siswa, sehingga memudahkan pemahaman mereka terhadap berbagai jenis pekerjaan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...