JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 3 (2023): Desember 2023

Integrasi Literasi Numerasi dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah

Septian, Deni (Unknown)
Sembiring, Dhita Dhilarwan (Unknown)
Azmi, Dinda Shefti (Unknown)
Purba, Dewi Putri (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Dec 2023

Abstract

Pemanfaatan strategi pedagogi baru dan kemajuan teknologi berpotensi meningkatkan keahlian mendasar di bidang pendidikan. Literasi numerasi memainkan peran penting dalam memungkinkan siswa meningkatkan kemahiran matematika mereka dan mengembangkan keterampilan penting lainnya yang relevan dengan abad ke-21 dalam lingkungan pembelajaran yang optimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mengembangkan pemahaman komprehensif tentang pemanfaatan literasi numerasi secara optimal dalam konteks pendidikan matematika, serta pengaruhnya terhadap pengembangan kemampuan matematika di abad ke-21. Metodologi penelitian yang dipilih yang digunakan dalam penelitian ini memerlukan tinjauan literatur yang sistematis. Sejumlah penelitian telah dilakukan mengenai peningkatan kemahiran aritmatika pada abad kedua puluh satu melalui literasi numerasi dalam pendidikan matematika. Studi tentang literasi numerasi dan kompetensi matematika abad ke-21 dalam pendidikan formal yang diterbitkan antara tahun 2018 dan 2022 ditelusuri untuk mendapatkan kumpulan data terkait. Setelah analisis menyeluruh terhadap literatur, ditentukan bahwa pembelajaran kooperatif, pembelajaran berbasis masalah dan proyek, dan perhatian terhadap isi kursus merupakan komponen penting dari literasi matematika. Selain itu, pembelajaran literasi numerasi matematika cenderung meningkatkan kemampuan seseorang dalam memecahkan tantangan di abad ke-21.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...