JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 3 (2023): Desember 2023

Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi untuk Penguatan Karakter Toleransi pada Siswa Sekolah Dasar 01 Sumberjaya

Angela, Pipin (Unknown)
Andini, Salmah Ayu (Unknown)
Rohimah, Adlina Nur (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran pengembangan media pembelajaran berupa video animasi dalam memperkuat karakter toleransi pada siswa kelas 1 di Sekolah Dasar Sumberjaya 01. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus kualitatif. Temuan menunjukkan bahwa penggunaan video animasi memberikan dampak positif, terutama melalui visualisasi menarik dan interaktif yang menciptakan pengalaman pembelajaran yang menyenangkan. Siswa tidak hanya memahami konsep toleransi secara konkret, tetapi juga mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari, menciptakan lingkungan kelas yang inklusif. Observasi perubahan sikap siswa menunjukkan bahwa video animasi tidak hanya meningkatkan pengetahuan, tetapi juga menstimulasi sebagai alat pembelajaran efektif, melainkan juga sebagai pendorong motivasi siswa untuk mendalami nilai-nilai toleransi lebih lanjut, membentuk generasi yang lebih toleran di Sekolah Dasar Sumberjaya 01.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...