JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 3 (2023): Desember 2023

Pengaruh Lingkungan Sekolah terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Negeri 3 Sambangan

Trisnayanthi, Kadek Eny (Unknown)
Putri, Putu Mutiara Vista Diliya (Unknown)
Dewi, Ni Luh Yunia Trisna (Unknown)
Priastini, Ni Luh Wayan Desi (Unknown)
Werang, Basilius Redan (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi lingkungan sekolah di SD Negeri 3 Sambangan, mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan antara lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa SD Negeri 3 Sambangan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi korelasi kausal. Yang dimana sampel terdiri dari 30 siswa yaitu kelas V SD. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan angket sedangkan untuk menganalisis data menggunakan rumus Uji normalitas dan statistik deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah berdasarkan analisis data ditemukan bahwa lingkungan sekolah di SD Negeri 3 Sambangan, berdasarkan hasil uji normalitas diketahui nilai signifikan untuk pengaruh variabel (x) secara simultan terhadap (y) adalah 0,00< 0,05 sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan antara lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar dengan nilai signifikan sebesar 0,00 dengan membandingkan menggunakan tingkat signifikasi menggunakan 0,05. maka Ho ditolak, artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 3 Sambangan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...