Dalam proses pembelajaran setiap peserta didik perlu meningkatkan kemandirian dalam belajar dan untuk menjadi mandiri seseorang individu harus belajar, sehingga dapat dicapai suatu kemandirian belajar. Maka untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa peran guru sangat diperlukan. Tulisan ini dibuat dengan tujuan untuk mengetahui peran guru dalam meningkatkan kemandirian belajar siswa dalam pembelajaran matematika kelas IV di SDIT Nurul Ilmi Medan. Penelitian ini menngunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskripstif. Pengambilan dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa peran guru dalam meningkatkan kemandirian belajar siswa dalam pembelajaran matematika kelas IV di SDIT Nurul Ilmi Medan yaitu dengan menjalankan semua peran guru dalam meningkatkan kemandirian belajar peserta didik dalam pembelajaran matematika yaitu menjalankan peran guru sebagai motivator, sebagai fasilitator, sebagai pendidik, sebagai pengajar dan sebagai pembimbing.
Copyrights © 2023