JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 3 (2023): Desember 2023

Peran Guru Dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Matematika di SDIT Nurul Ilmi Medan

Khairun Nisa (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Rora Rizky Wandini (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2023

Abstract

Dalam proses pembelajaran setiap peserta didik perlu meningkatkan kemandirian dalam belajar dan untuk menjadi mandiri seseorang individu harus belajar, sehingga dapat dicapai suatu kemandirian belajar. Maka untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa peran guru sangat diperlukan. Tulisan ini dibuat dengan tujuan untuk mengetahui peran guru dalam meningkatkan kemandirian belajar siswa dalam pembelajaran matematika kelas IV di SDIT Nurul Ilmi Medan. Penelitian ini menngunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskripstif. Pengambilan dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa peran guru dalam meningkatkan kemandirian belajar siswa dalam pembelajaran matematika kelas IV di SDIT Nurul Ilmi Medan yaitu dengan menjalankan semua peran guru dalam meningkatkan kemandirian belajar peserta didik dalam pembelajaran matematika yaitu menjalankan peran guru sebagai motivator, sebagai fasilitator, sebagai pendidik, sebagai pengajar dan sebagai pembimbing.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...