JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 3 (2023): Desember 2023

Perancangan Ulang UI/UX Aplikasi Perpustakaan Berbasis Mobile dengan Menggunakan Metode Design Thinking (Studi Kasus: Perpustakaan Unsika)

Rivanka, Dika (Unknown)
Purnamasari, Intan (Unknown)
Prihandani, Kamal (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2023

Abstract

Aplikasi Diglib Unsika merupakan merupakan aplikasi perpustakaan digital berbasis digital milik Unsika yang dapat dijadikan sebagai salah satu solusi untuk mengatasi dan menjembatani kebutuhan individu dalam meningkatkan literasi mahasiswa Unsika. Selama berinteraksi dengan aplikasi Diglib Unsika. Aplikasi dirasa masih belum optimal dalam efektifitas, efesiensi dan kepuasan kemudahan dalam penggunaan. Penelitian ini bertujuan membuat ulang desain (redesign) tampilan aplikasi Diglib Unsika agar optimal dalam efektifitas, efesiensi dan kepuasan kemudahan pengguna. Metode yang dipakai pada penelitian ini adalah metode design thinking untuk optimasi tampilan UI dan UX dengan beberapa tahapan diantaranya, Empathizes, Define, Ideate, Prototype dan Testing. Desain baru aplikasi Pada pengujian UEQ mendapatkan skor yang mencangkup enam aspek yaitu; daya tarik, kejelasan, efisiensi, ketepatan, stimulasi dan kebaruan. Dari keenam aspek masing-masing sudah melebihi standar nilai 0,8. yang menjadikan prototype sudah dinilai sangat baik dari semua aspek dalam UEQ. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa perancangan ulang tampilan aplikasi Diglib Unsika mampu memberikan usulan opsi solusi terkait desain yang menarik, dapat diterapkan dan mudah dipahami oleh pengguna.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...