JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 3 (2023): Desember 2023

Meta Analisis Effect Size Pengaruh Bahan Ajar terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Peserta Didik

Fauziah, Nurul (Unknown)
Asrizal, Asrizal (Unknown)
Usmeldi, Usmeldi (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jan 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh bahan ajar terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Fisika. Jenis penelitian ini adalah meta analisis. Meta-analisis adalah penelitian yang dilakukan dengan cara merangkum, mengkaji dan menganalisis data dari beberapa penelitian yang telah dilakukan. Sampel penelitian ulang terdiri dari 20 artikel. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menghitung effect size dari setiap artikel. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa pengaruh bahan ajar terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa dapat disimpulkan. Penggunaan bahan ajar terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar memberikan pengaruh pada aspek jenjang pendidikan, terutama SMP. Dimana nilai rata - rata effect size pada jenjang SMP untuk meningkatkan hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis kategori sangat tinggi. Jenjang SMA bahan ajar digunakan kategori sangat tinggi.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...