JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 3 (2023): Desember 2023

Pandangan Guru PAI dalam Integrasi Ilmu Sains dan Agama di SMP Amalia Medan

Daulay, Afrahul Fadhila (Unknown)
Rahman, Anisa Hayati (Unknown)
Nasution, Rizky Amanda (Unknown)
Rambe, Yusuf Hamdani (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Jan 2024

Abstract

Pada kenyataannya sains dan agama memiliki hubungan yang sangat kuat, di mana doktrin yang terdapat dalam agama dapat dibuktikan dengan sains dan begitu pula sebaliknya fakta yang dapat dilihat secara nyata dijelaskan dalam ilmu agama. Oleh karena itu dengan adanya integrasi ilmu merupakan suatu langkah yang tepat untuk menyatukan antara keduanya. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengungkap bagaimana pandangan guru PAI dalam integrasi ilmu sains dan agama yang ada di SMP Amalia Medan. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data penelitian ini yaitu dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa integrasi yang dilakukan di SMP Amalia Medan sangatlah penting, khususnya dalam penelitian ini bidang pendidikan agama Islam. Pentingnya integrasi dilakukan sebagai bentuk pegukuhan kepercayaan siswa/i terhadap kebesaran Allah Swt dengan memperlihatkan kaitan secara nyata antara sains dan agama kepadanya. Melalui pembelajaran yang terintegrasi maka diharapkan dapat menciptakan pembelajaran bermakna yang tidak hanya sebatas doktrin-doktrin namun mampu melahirkan kemurnian tauhid dalam diri siswa/i.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...