JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Meningkatkan Minat Belajar IPS (Sejarah) dengan Mengunjungi Tempat Prasejarah di Kota Medan

Fitriani, Fitriani (Unknown)
Rahayu, Rahayu (Unknown)
Bone, Nur Rahma (Unknown)
Siregar, Ayu Fitria (Unknown)
Siregar, Sastri Dalila (Unknown)
Siambaton, Nur Hafni Bahri (Unknown)
Yusnaldi, Eka (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Jan 2024

Abstract

Pendidikan memiliki peran terpenting dalam memajukan cita-cita bangsa, karena tujuan pendidikan adalah mencerdaskan kehidupan bangsa. Demikian pula halnya dengan pendidikan sejarah, terutama pengajaran sejarah diperlukan dalam proses pembelajaran. Namun hingga saat ini masih ditemukan permasalahan yang muncul dalam pembelajaran sejarah. Salah satunya adalah kurangnya minat siswa dalam mempelajari sejarah lokal. Padahal sejarah lokal penting untuk dipelajari. Untuk menarik minat siswa dalam mempelajari sejarah lokal bisa dengan mengunjungi tempat prasejarah sebagai sumber pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui cara meningkatkan minat belajar IPS(Sejarah) dengan mengunjungi tempat prasejarah di Medan.yang nantinya akan digunakan sebagai sumber acuan bagi pembaca. Metode penelitian adalaha desktiptif kualitatif, dengan pengumpulan data melalui, observasi . Teknik analisis data terdiri atas reduksi, sajian data dan penarikan simpulan. Hasil dari penelitian ini minat belajar IPS (Sejarah) dengan mendatangi tempat prasejarah meningkat.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...