JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Kelompok B dalam Mengenal Huruf Melalui Bermain dan Permainan yang Bervariasi di TK Ar-Rasyid Sei Beduk Kota Batam

Hestina, Rina (Unknown)
Mulyasari, Rini (Unknown)
Ulva, Maria (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Jan 2024

Abstract

Menurut teori Nativist oleh Chomsky bahwa bahasa Sudah ada dalam diri anak. Pada saat seorang anak lahir kedunia, anak sudah memiliki seperangkat kemampuan berbahasa yang disebut “Tata Bahasa Umum”. Meskipun pengetahuan yang ada didalam diri anak tidak mendapatkan rangsangan, anak akan tetap dapat mempelajarinya dengan baik. Hal ini karena anak memiliki sistem bahasa yang disebut perangkat penguasaan bahasa. Teori ini berpengaruh pada pembelajaran bahasa dimana anak perlu mendapatkan model pembelajaran sejak dini. Perumusan masalah: Bagaimana cara meningkatkan kemampuan bahasa anak dalam mengenal huruf melalui media bermain dan permainan anak yang bervariasi pada Kelompok B di TK AR-RASYID, Sei Beduk, Batam. Pelaksanaan dilaksanakan dengan dua siklus dan manfaatnya yaitu Meningkatkan kreativitas guru dalam menggunakan media pembelajaran, Meningkatkan minat anak dalam kegiatan mengenal huruf, Serta dapat memenuhi tugas mata kuliah Pemantapan Kemampuan Profesional. Hasil dari peningkatan kemampuan dalam mengenal huruf dari siklus 1: 11,8% dari 17 anak Berkembang Sangat Baik, sedang siklus II: 52,8% dari 17 anak sudah Berkembang Sangat Baik sesuai harapan peneliti. Kesimpulan penelitian ini adalah Penggunaan media bermain dan permainan yang bervariasi dalam mengenal huruf yang diterapkan di TK AR-RASYID dapat meningkatkan kemampuan bahasa serta memberikan hasil sangat baik bagi perkembangan anak didik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...