JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN 19 Padang Sirih Kecamatan Ranah Pesisir Kabupaten Pesisir Selatan

Fitrilioni, Fitrilioni (Unknown)
Lesmana, Inda (Unknown)
Nengsih, Ratna (Unknown)
Farhan Satria, Trinda (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jan 2024

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik yang disebabkan proses pembelajaran, diketahui bahwa pada proses pembelajaran Siswa belum berpastisipasi selama proses pembelajaran, Pendidik belum menanamkan rasa ingin tahu, Pendidik belum melatih kemampuan berpikir kritis sisiwa dalam memecahkan masalah, Pendidik belum menumbuhkan kerjasama dan interaksi antar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “pengaruh model CPS terhadap hasil belajar pada pembelajaran Matematika siswa kelas V SD IT Medinah Lengayang”. Jenis penelitian ini menggunakan Quasi Eksperimen (eksperimen semu), rancangan penelitian yang digunakan adalah Post-test Control Group Design. Pada desain ini terdapat dua kelas, kemudian dijadikan sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen diberi perlakuan dengan menggunakan model CPS dan kelas kontrol menggunakan model saintific. Berdasarkan hasil penelitian ini, terlihat bahwa perolehan data analisis uji t maka diperoleh nilai data analisis uji t dari hasil belajar peserta didik =3,13 dan =1.694. Jadi, dapat disimpulkan bahwa ditolak dan diterima yang berbunyi terdapat pengaruh model pembelajaran CPS terhadap hasil belajar pada pembelajaran Matematika siswa kelas V SD IT Medinah Lengayang”.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...