JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Pengaruh Metode Pembelajaran Kontekstual Terhadap Kemampuan Menulis Teks Biografi Pada Siswa Kelas X SMA Nurul Islam Indonesia Medan T.A 2022/2023

Nabila, Jihan (Unknown)
Rahayu, Enny (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jan 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui Pengaruh Metode Pembelajaran Kontekstual terhadap Kemampuan Menulis Teks Biografi Siswa Kelas X SMA Nurul Islam Indonesia Medan T.A 2022-2023. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas X SMA Nurul Islam Indonesia Medan berjumlah 32 siswa, terdiri dari 2 kelas. Sampel penelitian kelas X-2 berjumlah 16 siswa sebagai kelas eksperimen dalam bentuk One Group Pretest Posttest Design. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain one group pretest posttest. Hasil penelitian berdasarkan persentase nilai rata-rata kemampuan menulis teks biografi sebelum menggunakan metode kontekstual adalah 55,72 dengan kategori baik dan rata-rata kemampuan menulis teks biografi sesudah menggunakan metode kontekstual adalah 64,84 dengan kategori baik. Berdasarkan uji Statistik T-paired diperoleh nilai rata-rata perbedaan antara pretest dengan posttest yaitu -9.115 dengan standar deviasi 4.087 dan didapatkan nilai siginifikan (2-tailed) 0.000 maka Ha diterima dan H0 ditolak, artinya ada perbedaan siginifikan terhadap pemrolehan nilai pretest dan postest siswa dalam menulis teks biografi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...