JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Media Powerpoint Interaktif Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN 060811 Medan

Amalina, Putri (Unknown)
Irsan, Irsan (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jan 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model Problem Based Learning berbantuan media Powerpoint interaktif terhadap hasil belajar siswa pada tema 9 subtema 2 Kelas V SDN 060811 Medan T.A. 2022/2023. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas V SDN 060811 Medan, terdiri dari 2 kelas yaitu kelas V-A dan V-B berjmlah 39 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Jenis penelitian Quasi Ekperimen Design dengan tipe Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan instrumen tes 25 pilihan berganda. Hasil penelitian diperoleh nilai N-Gain sebesar 0,875>0,7 kriteria “Tinggi” dengan persentase rata-rata 87,57%. Artinya terdapat peningkatan hasil belajar yang sangat baik menggunakan model PBL berbantuan media Powerpoint interaktif. Berdasarkan perhitungan uji-t (independent sample t-test), diperoleh nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0.000 < 0,05 (Ha diterima dan Ho ditolak). Artinya terdapat Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Media Powerpoint Interaktif Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Tema 9 Subtema 2 Kelas V SDN 060811 Medan T.A. 2022/2023.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...