Industri makanan dan minuman, sebagai bagian penting dalam mendukung pertumbuhan ekonomi nasional setelah pandemi COVID-19, terutama di Kota Bandung, menarik perhatian penelitian ini. Pada triwulan I tahun 2023, sektor ini tumbuh 5,33% dengan PDB mencapai Rp 206,19 triliun. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis aplikasi Shopee sebagai platform membangun jaringan bisnis untuk Seblak Parasmanan Rai Raka. Metode penelitian ini ialah pendekatan deskriptif kualitatif dengan mengamati UMKM di Jl. H Mesri, Kota Bandung. Data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara pada bulan November 2023. Keberhasilan bisnis Food & Beverage (F&B), terutama Seblak Parasmanan Rai Raka, dipelajari dengan fokus pada inovasi, perubahan gaya hidup generasi millenial, dan penerapan aplikasi Shopee sebagai platform bisnis. Hasil penelitian menunjukkan UMKM ini menggunakan strategi inovasi dan analisis SWOT, dengan kekuatan harga terjangkau, lokasi strategis, dan variasi menu. Rekomendasi mencakup upaya menjaga standar produk, memperluas cakupan pasar, dan berinovasi untuk berhasil bersaing dalam lingkungan pasar yang penuh persaingan.
Copyrights © 2024