Penelitian ini dilatar belakangi oleh proses pembelajaran yang kurang kondusif dan rendahnya kedisiplinan belajar mahasiswa membuat menurunnya prestasi belajar mahasiswa khususnya angkatan 2021 pada program studi Administrasi Pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kedisiplinan belajar mahasiswa administrasi Pendidikan pada Angkatan 2021. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data yang dikumpulkan dengan Teknik angket, responden dalam penelitian ini sebanyak 37 orang mahasiswa administrasi pendidikan pada Angkatan 2021. Hasil penelitian menunjukkan tingkat disiplin mahasiswa administrasi Pendidikan pada Angkatan 2021 yang dilihat dalam 4 dimensi yaitu 1) dimensi kedisiplinan dalam kelas 2) dimensi tanggung jawab belajar 3) dimensi ketepatan waktu mengumpulkan tugas 4) dimensi semangat belajar, penelitian ini dikategorikan sangat tinggi dengan skor rata-rata 4,38 dan berpengaruh terhadap proses pembelajaran. Penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan kedisiplinan belajar mahasiswa Administrasi Pendidikan pada Angkatan 2021 dan juga perbaikan kegiatan belajar mengajar selanjutnya.
Copyrights © 2024