JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Peran Guru dalam Meningkatkan Literasi Bahasa Indonesia di Sekolah MIN 4 Medan

Andina Halimsyah Rambe (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Fitrah Fitrah (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
M Khairil Fadli (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Siti Mauliza Arfiyani (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Widiya Anggraeny A. Harahap (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
09 Jan 2024

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui peran guru dalam meningkatkan literasi bahasa Indonesia di sekolah MIN 4 Medan. Sebuah sekolah dengan ciri khas keberagaman budaya dan tingkat kemampuan bahasa yang bervariasi. Guru tidak hanya berperan sebagai pengajar tapi juga sebagai fasilitator yang memahami konteks sosial siswa. Dengan strategi pembelajaran yang disesuaikan dengan tingkat kemampuan bahasa yang menjadi pokok dalam peningkatan literasi. Pentingnya motivasi siswa dan kreativitas pengajaran guru dalam mencapai tujuan literasi bahasa. Metode penelitian yang digunakan adalah observasi atau sebuah pengamatan dan metode yang digunakan juga bersifat kualitatif atau berdasarkan data-data dalam bentuk deskripsi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman mendalam tentang keunikan siswa di sekolah MIN 4 Medan yang memberikan landasan untuk pengembangan strategi pembelajaran efektif dan peran guru adalah membentuk generasi yang mahir dalam bahasa Indonesia yang menghadapi tantangan dan merespon kebutuhan khusus sekolah tersebut.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...