JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Video terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas II Tema II SDN 117867 Belongkut

Rivani, Wita Laila (Unknown)
Irsan, Irsan (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Jan 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media video dengan Model Pembelajaran konvensional. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas II-A dengan jumlah 22 siswa sebagai kelas ekperimen dan kelas II-B berjumlah 16 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data ini menggunakan observasi, wawancara, tes hasil belajar dan dokumentasi. Uji hipotesis penelitian menggunakan uji t-test diperoleh thitung 11,8204 dan ttabel 2,042, sehingga diperoleh thitung > ttabel dengan standar deviasi pada pretest 58,18 dan posttest 86,54 dengan taraf signifikan 5% (11,8204 > 2,042) dari data hasil uji statistik dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga ada pengaruh yang signifikan dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa kelas II SD Negeri 117867 Belongkut.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...