Untuk meningkatkan sumber daya manusia tentu tidak terlepas dari proses pendidikan, bahkan dari mana saja dapat memperoleh pendidikan. Dalam dunia pendidikan tidak hanya sisi pengetahuan yang diutamakan. Pembentukan mental, karakter, dan kekuatan fisik juga berjalan beriringan untuk membentuk peserta didik sesuai apa yang telah tercantum pada tujuan kurikulum. Mata pelajaran pendidikan jasmani berinteraksi langsung bersama peserta didik dalam hal pembentukan fisik, mental, dan karakter. Oleh karena itu, harus adanya inovasi dalam berjalannya pembelajaran. Salah satu inovasinya adalah pemberian permainan kecil/tradisional saat dilakukan pembelajaran. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh permainan kecil terhadap partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran PJOK di SMA Kemala Bhayangkari 1 Suarabaya dan mencari besarnya pengaruh permainan kecil terhadap partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran PJOK di SMA Kemala Bhayangkari 1 Surabaya. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian pra eksperimen dengan pendekatan kuantitatif dan memakai desain penelitian One Group pretest-posttest. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrument Analisa Proporsi Fokus(APF). Penelitian ini mengambil sampel sebanyak 33 siswa kelas IX-9. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat pengaruh permainan kecil terhadap partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran PJOK di SMA Kemala Bhayangkari 1 Surabaya dan terdapat peningkatan persentase partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran PJOK sebesar 22,53%.
Copyrights © 2024