Keahlian representasi matematika dibutuhkan siswa untuk memahmi materi dan menyelesaikan soal. Fakta menunjukkan diperlukan upaya untuk meningkatkan kemampuan represetasi sisetematis siswa. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis kemampuan representasi sistematis siswa SD kelas 6 pada materi segitiga. Metode penelitian ini berupa deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilaksanakan melalui tes tertulis, wawancara, dokunentasi dan catatan peneliti. Subjek penelitian adalah siswa kelas 6 yang berjumlah 5 orang. Hasil penelitian menunjukkan representasi visual berhasil dikuasai siswa tetapi pada saat diberikan contoh lain, siswa tidak bisa menjawab. Representasi gambar hanya dikuasai oleh beberapa siswa saja karena sebagian lainnya masih tidak percaya diri, representasi persamaan juga hanya dikuasai oleh satu orang siswa sebab sebagian besar siswa belum memahami bagaimana pengerjaan materi yang terdapat pada soal, dan pada representasi kata dapat dikuasai oleh keseluruhan siswa, tetapi ketika diberikan kasus lain siswa tidak bisa menjawab dikarenakan tidak tau bagaimana cara pengerjaan soal nya.
Copyrights © 2024