JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa

Suparmi , Suparmi (Unknown)
Murdy, Khairi (Unknown)
Putri, Asri Neli (Unknown)
Marliza, Leni (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Jan 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran berbasis proyek terhadap peningkatan berpikir kritis siswa. Rancangan penelitian yang digunakan adalah quasi-experimental and non-equivalent pretest posttest control group design. Analisis data untuk menguji hipotesis penelitian menggunakan SPSS versi 24 dengan statistik non parametrik (uji normalitas, uji Wilcoxon, uji N-Gain, uji Mann-Whitney dan uji Effect Size). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pertumbuhan berpikir kritis siswa yang lebih besar pada kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran proyek (project learning) dibandingkan dengan kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional (ceramah). Berdasarkan hasil uji Mann-Whitney Zcount dihitung dengan Sig sebesar -2,208. nilai 0,027. Karena Ha diterima oleh kriteria keputusan, maka nilai signifikansinya lebih kecil dari 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa pada saat mempelajari redistribusi pendapatan nasional, rata-rata berpikir kritis siswa pada kelas Eksperimen lebih tinggi daripada kelas Kontrol. Model pembelajaran berbasis proyek kemudian berdampak pada peningkatan berpikir kritis siswa. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan berpikir kritis siswa lebih efektif daripada teknik tradisional (ceramah)

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...