JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Analisis Optimalisasi Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Pembelajaran di Era Merdeka Belajar

Rubianti Rubianti (Universitas Pendidikan Indonesia)
Fadilla Dwi Sukma (Universitas Pendidikan Indonesia)
Devi Aulia Oktaviani (Universitas Pendidikan Indonesia)
Sendi Fauzi Giwangsa (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
12 Jan 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis upaya optimalisasi lingkungan sekolah guna memenuhi tuntutan kebutuhan pembelajaran di era yang penuh tantangan ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, dan observasi terhadap lingkungan sekolah. Hasil analisis menunjukkan bahwa pengoptimalan ruang kelas, fasilitas pendukung, dan interaksi sosial dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran. Faktor-faktor seperti desain ruang, keberlanjutan lingkungan, dan pemanfaatan teknologi informasi juga memainkan peran krusial dalam menciptakan lingkungan sekolah yang memfasilitasi Merdeka Belajar. Temuan ini memberikan pandangan mendalam tentang strategi optimalisasi lingkungan sekolah sebagai bagian integral dari upaya mencapai pendidikan yang inklusif, inovatif, dan sesuai dengan kebutuhan siswa di era Merdeka Belajar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...