Dalam proses pembelajaran pekerjaan dasar teknik otomotif, belum ada bahan ajar atau pedoman untuk guru saat melakukan praktek. Penelitian ini dirancang untuk membuat lembar kerja bagi siswa SMK kelas X jurusan Teknik kendaraan ringan, dengan jumlah siswa 30 orang dengan tujuan memudahkan siswa dalam memahami materi di saat pembelajaran praktek. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah research and development (R&D) etode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk dan menguji keefektifan produk dengan melibatkan ahli materi, ahli media, dan siswa kelas X Teknik Kendaraan Ringan Otomotif di SMK Negeri 2 Painan Data dianalisis dengan teknik deskriptif kuantitatif dan hasilnya berupa media pembelajaran. Produk yang dirancang diuji validitas dan kelayakannya pada lembar kerja tentang pekerjaan dasar teknik otomotif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lembar kerja untuk pelajaran dasar kejuruan otomotif ini sangat cocok sebagai media pembelajaran praktek, karena mudah diakses kapan saja dan bisa diulang-ulang berdasarkan penilaian dari ahli materi 92,4 dengan kategori sangat layak sehingga mendukung proses pembelajaran siswa dan guru yang mengajar mata pelajaran tersebut.
Copyrights © 2024