JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Analisis Strategi Pengelolaan Sampah Pasar Raya Kota Padang Menggunakan Metode SWOT

Rama Nanda (Magister Ilmu lingkungan Program Pasca Sarjana Universitas Andalas)
Rizki Aziz (Magister Ilmu lingkungan Program Pasca Sarjana Universitas Andalas)
Jabang Nurdin (Magister Ilmu lingkungan Program Pasca Sarjana Universitas Andalas)



Article Info

Publish Date
13 Jan 2024

Abstract

Pengelolaan sampah Pasar Raya Padang yang dikelola Sarana Perdagangan Kebersihan Dinas Perdagangan Kota Padang yang dijalankan masih mengalami kendala penumpukan sampah, kondisi area sekitar penampungan sampah yang kotor, dan berbau, serta kondisi tempat pemrosesan akhir beresiko tidak dapat menampung sampah pasar. Tujuan penelitian mengevaluasi, menentukan strategi, dan memberikan rekomendasi pengelolaan sampah Pasar Raya Padang. Objek dari analisis deskriptif adalah pengelolaan sampah yang dikelola Dinas Perdagangan Kota Padang Unit Sarana Perdagangan Kebersihan Pasar Raya Padang di Blok I – IV Pasar Raya Padang pada bulan Maret – April 2023 dengan observasi dan wawancara pada responden dari petugas Dinas Perdagangan Kota Padang, petugas Dinas UPTD Pasar Raya Padang, petugas kebersihan, pedagang di Pasar Raya Padang. Hasil analisis SWOT pada faktor eksternal dan faktor internal pada aspek teknis dan aspek non teknis didapatkan hasil kategori SO kekuatan (Strength) yaitu sebesar 4,5 dan kategori peluang (Opportunity) yaitu sebesar 4,67. Kesimpulan penelitian ini Pasar Raya Padang memiliki pengawasan kebersihan yang kuat dan berpeluang kemitraan dengan pemulung, peternak, kelompok KWT, komunitas lingkungan dalam meningkatkan pengelolaan sampah Pasar Raya Padang.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...