JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Pengaruh Rendahnya Aktivitas Belajar dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar IPA di Kelas IV SDN 0909 Huristak Kab. Padang Lawas

Sari Harahap, Maya (Unknown)
Harahap, Holija (Unknown)
Suparni, Suparni (Unknown)
Khusnul, Khusnul (Unknown)
Farhan Satria, Trinda (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Jan 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis level aktivitas belajar siswa dan level hasil belajar IPA, mengukur kontribusi aktivitas belajar, dan mengukur kontribusi aktivitas belajar secara simultan terhadap hasil belajar. Metode penelitian menggunakan metode kuantitatif jenis expost facto. Sampel penelitian berjumlah 25 siswa, teknik pengumpulan data menggunakan angket dan analisis data menggunakan rumus rata-rata, analisis korelasi, regresi berganda dan koefisien determinan. Hasil menunjukkan bahwa level aktivitas belajar siswa dengan rerata 3,885 dikategori tinggi dan untuk level hasil belajar rerata 86,481 berada dikategori baik, aktivitas belajar berkontribusi terhadap hasil belajar IPA sebesar 23,3% motivasi belajar berkontribusi terhadap hasil belajar IPA sebesar 56,4%, sisanya dipengaruhi variable lain. Dapat disimpulkan aktivitas belajar berkontribusi positif terhadap hasil belajar siswa. Diharapkan penelitian ini mampu memperbaiki konsentrasi belajar siswa melalui aktivitas belajar, sehingga hasil belajar siswa menjadi lebih meningkat

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...