JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Students’ Perception on Using Whatsapp Messenger and Google Clasroom in Learning English at The Second Grade Students of SMKN 3 Payakumbuh

Cindy Fatika Sari (UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi)
Veni Roza (UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi)
Reflinda Reflinda (UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi)
Absharini Kardena (UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi)



Article Info

Publish Date
13 Jan 2024

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena maraknya penggunaan media pembelajaran online WhatsApp Messenger dan Google Classroom dalam proses pembelajaran jarak jauh, namun siswa mempunyai persepsi yang berbeda-beda terhadap penggunaan aplikasi ini. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas dua SMKN 3 Payakumbuh. Peneliti menggunakan proportional stratified random sampling untuk menentukan jumlah sampel. Sampel pada penelitian ini berjumlah 51 responden. Untuk menganalisis data, peneliti menghitung persentase dari setiap pernyataan yang dipilih oleh siswa. Hasil penelitian menunjukan, persepsi siswa tentang penggunaan WhatsApp dan Google classroom sangat positif, hal ini dibuktikan dengan total persentase analisis data untuk kategori “The Perceiver”, adalah 84% dengan persepsi sangat positif. Untuk kategori “The Target” persentasenya 85% dengan persepsi sangat positif. Untuk kategori “The Situation” persentasenya sebesar 83% dengan persepsi sangat positif. Rata-rata persentase tersebut adalah 84% dengan persepsi sangat positif. Persepsi siswa tentang penggunaan Google Classroom, total persentase analisis data untuk “Perceived ease of use” adalah 79%. Untuk kategori “Perceived usefulness” persentasenya adalah 83%. Untuk kategori “Behavioral Intention” persentasenya adalah 80%. Untuk kategori “Actual system use”, persentasenya adalah 79%. Rata-rata persentase tersebut adalah 80% dengan persepsi sangat positif.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...