JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Meningkatkan Kedisiplinan Melalui Pembiasaan Mengantre Saat Bermain di TK Kemala Bhayangkari XI Ciputat

Fidrayani, Fidrayani (Unknown)
Mayyada, Salwa Airin (Unknown)
Ulfah, Mariyah (Unknown)
Julianto, Muhammad Akbar (Unknown)
Auliyah, Setiati Nurul (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jan 2024

Abstract

Disiplin pada anak usia 5-6 tahun didasarkan pada tingkat pencapaian perkembangannya, misalnya, anak tahu akan haknya, mematuhi aturan kelas, dan bertanggung jawab atas tindakannya untuk kebaikan diri sendiri. Pembiasaan dalam pendidikan sangat penting, terutama untuk anak usia dini. Mengantre merupakan sikap mental yang erat berdampingan dengan disiplin. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model spiral kemmis dan McTaggart. Subjek penelitian ini adalah untuk anak usia 5-6 tahun kelompok B di TK Kemala Bhayangkari XI Ciputat yang berjumlah 17 anak, yang terdiri dari 7 anak laki-laki dan 10 anak perempuan. Menurut pengamatan peneliti, pada siklus II terdapat 15 siswa yang memiliki kategori sangat baik dengan persentase 88,27%, 2 siswa yang memiliki kategori cukup baik dengan persentase 11,76%, 0 siswa yang memiliki kategori kurang baik dan belum baik dengan persentase 0%, Hal tersebut menunjukkan bahwa menggunakan metode pembiasaan dapat meningkatkan kemampuan disiplin anak usia 5-6 tahun.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...