Disiplin pada anak usia 5-6 tahun didasarkan pada tingkat pencapaian perkembangannya, misalnya, anak tahu akan haknya, mematuhi aturan kelas, dan bertanggung jawab atas tindakannya untuk kebaikan diri sendiri. Pembiasaan dalam pendidikan sangat penting, terutama untuk anak usia dini. Mengantre merupakan sikap mental yang erat berdampingan dengan disiplin. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model spiral kemmis dan McTaggart. Subjek penelitian ini adalah untuk anak usia 5-6 tahun kelompok B di TK Kemala Bhayangkari XI Ciputat yang berjumlah 17 anak, yang terdiri dari 7 anak laki-laki dan 10 anak perempuan. Menurut pengamatan peneliti, pada siklus II terdapat 15 siswa yang memiliki kategori sangat baik dengan persentase 88,27%, 2 siswa yang memiliki kategori cukup baik dengan persentase 11,76%, 0 siswa yang memiliki kategori kurang baik dan belum baik dengan persentase 0%, Hal tersebut menunjukkan bahwa menggunakan metode pembiasaan dapat meningkatkan kemampuan disiplin anak usia 5-6 tahun.
Copyrights © 2024