JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Inovasi Penggunaan Sistem Pola CAD pada Mata Pelajaran Pembuatan Pola di SMK Aisyiyah Duri

Nofika, Inrya (Unknown)
Waskito, Waskito (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Jan 2024

Abstract

SMK Aisyiyah Duri merupakan salah satu sekolah menengah kejuruan yang memiliki jurusan tata busana. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tingkat pengetahuan dan keterampilan siswa dalam menggunakan CAD pada mata pelajaran pembuatan pola dan penggunaan pola CAD di SMK Aisyiyah Duri. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, test dan wawancara. Setelah itu data akan diolah secara kualitatif pada data wawancara dan kuantitatif pada data test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gambaran tingkat pengetahuan dan keterampilan siswa dalam menggunakan CAD mata pelajaran pembuatan pola berada dalam kategori sangat baik sehingga penggunaan CAD dalam pembelajaran dinilai sangat efektif. Selain itu, berdasarkan wawancara penggunaan CAD dalam mata pelajaran pembuatan pola di sekolah SMK Aisyiyah bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dan siswa dalam pembuatan pola busana sehingga dinilai lebih praktis, akurat, menghemat waktu pengerjaan, dan mengurangi biaya tambahan pada produksi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...