SMK Aisyiyah Duri merupakan salah satu sekolah menengah kejuruan yang memiliki jurusan tata busana. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tingkat pengetahuan dan keterampilan siswa dalam menggunakan CAD pada mata pelajaran pembuatan pola dan penggunaan pola CAD di SMK Aisyiyah Duri. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, test dan wawancara. Setelah itu data akan diolah secara kualitatif pada data wawancara dan kuantitatif pada data test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gambaran tingkat pengetahuan dan keterampilan siswa dalam menggunakan CAD mata pelajaran pembuatan pola berada dalam kategori sangat baik sehingga penggunaan CAD dalam pembelajaran dinilai sangat efektif. Selain itu, berdasarkan wawancara penggunaan CAD dalam mata pelajaran pembuatan pola di sekolah SMK Aisyiyah bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dan siswa dalam pembuatan pola busana sehingga dinilai lebih praktis, akurat, menghemat waktu pengerjaan, dan mengurangi biaya tambahan pada produksi.
Copyrights © 2024